SEKILAS INFO
21-11-2017
  • 2 bulan yang lalu / PT. Samsung Electronics Indonesia Bekerjasama Dengan SMKN 1 Geger
23
Aug 2017
PEMILOS 2017 SMKN 1 Geger

Hari ini (Rabu, 23/08) OSIS SMKN 1 Geger menyelenggarakan pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS periode 2017-2018. Kegiatan pemilihan ketua OSIS (PEMILOS) tersebut dilaksanakan layaknya sistem pemilihan umum yang berlaku di negara kita. Pemilihan ketua OSIS ini berlangsung di halaman sekolah. Tujuannya, memberikan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilihan suara yang biasanya dilakukan saat pemilu.

Sesuai dengan arahan Bpk Edy Nuryanto & Bpk Totok Subagyo selaku guru pengampu mata pelajaran PKn dan pengarah Pemilos, tata cara pemilihan yang sesuai dengan aturan pemilu, para siswa yang menjadi panitia dibagi menjadi petugas di tempat pemilihan suara (TPS), kesekretariatan, pengawas, saksi-saksi,  dan pengamanan.

Acara Pemilos dimulai dengan pembukaan dan pengarahan dari pembina. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah panitia di TPS. Selanjutnya petugas TPS memberikan penjelasan tentang cara memberikan suara, kondisi surat suara, dan detail teknisnya.

Adapun saat datang ke TPS para siswa berbaris di depan panitia, kemudian menunggu dipanggil oleh petugas & mengisi daftar hadir. Siswa lalu mendapat surat suara dan langsung masuk ke bilik suara untuk mencoblos pilihan mereka masing-masing.

Satu per satu siswa dari kelas X, XI dan XII memasuki TPS. Setiap pelajar diinstruksikan mengambil kertas suara dan menunggu giliran menggunakan hak pilih. Kartu tersebut berisi gambar empat  pasangan calon ketua OSIS SMKN 1 Geger periode 2017-2018. Setelah itu, pelajar memasukkan surat suara ke dalam kotak suara dengan arahan petugas TPS. Selanjutnya, mereka mencelupkan jari ke tinta biru sebagai tanda telah memberikan hak suara.

Pemilihan OSIS seperti ini dilaksanakan sebagai bagian dari pendidikan demokrasi sejak dini. Para siswa mengikuti rangkaian kegiatan, dari debat, orasi visi misi, memilih di bilik suara, hingga proses rekapitulasi penghitungan surat suara.

Pemungutan suara dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh para petugas TPS disaksikan oleh siswa yang bertugas menjadi saksi. Ada yang berperan sebagai pembuka surat suara sembari melihat kondisi surat suara apakah sah atau tidak.

Hasil rekapitulasi Pemilos 2017 sbb:
1. Candra Prasetyo 314 suara
2. Dwi Achmad M. 112 suara
3. Satria Bagus 174 suara
4. Heru Setyawan 181 suara

Dengan demikian Calon dengan nomor urut 1 atas nama Candra Prasetyo mendapatkan suara terbanyak dengan 314 suara mengungguli 3 calon lainnya.

Dengan acara ini, siswa bisa mengerti dan bisa memilih dengan benar saat nanti sudah bisa memilih pemimpin dalam pemilihan umum. (Nasr).

error: Mohon Maaf Content dilindungi!!