SEKILAS INFO
05-07-2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang kepada Peserta Didik SMKN 1 Geger Tahun Pelajaran 2021/2022.
  • 1 tahun yang lalu / Tetap patuhi protokol kesehatan dan selalu ingat 5M : Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menghindri Kerumunan, Membatasi Mobilisasi & Interaksi, Menjaga Jarak.
22
Jun 2022
Siswa-Siswi SMKN 1 Geger Mendapatkan Penyuluhan Bimbingan Jabatan Dari Disnaker Kabupaten Madiun

Dalam rangka sosialisasi kegiatan pelayanan antar kerja di daerah Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2022, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Madiun memberikan penyuluhan bimbingan jabatan bagi siswa – siswi SMK di wilayah Kabupaten Madiun.

Kali ini kegiatan sosialisasi digelar di SMK Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun, Rabu (22/6/2022). Kegiatan tersebut diikuti 313 peserta siswa – siswi kelas XI SMK Negeri 1 Geger. Sedangkan narasumber dihadirkan dari Dinas Tenaga Kerja dan Penanaman Modal PTSP Kota Malang dan PT Dwi Prima Sentosa.

Sedangkan materi yang diberikan, di antaranya bimbingan jabatan, kiat – kiat memasuki industri 4.0 dan peran serta dunia kerja dalam pengentasan pengangguran di Kabupaten Madiun.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Madiun, Hengky Sukarno mengatakan kegiatan ini digelar guna memberikan pengetahuan bagi siswa – siswi SMK dalam hal informasi pelayanan antar kerja dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk menambah pengetahuan siswa – siswi SMK dalam menyongsong era industri 4.0.

” Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi dan menambah wawasan para siswa – siswi dan pengurus bursa kerja yang ada di sekolah – sekolah, ” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Madiun, Heru Kuncoro mengatakan kegiatan ini sebagai momen untuk penyamaan pemahaman terkait pelayanan antar kerja di Disnaker Kabupaten Madiun, baik bagi siswa – siswi yang nantinya akan memasuki dunia kerja maupun pihak sekolah sebagai wadah penyaluran informasi dunia kerja pada siswa – siswinya.

” Saya berharap pertemuan ini dapat memberikan informasi yang positif bagi perkembangan dan peningkatan pengetahuan siswa – siswi SMK di Kabupaten Madiun, ” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan wujud antisipasif dan responsif dari Disnaker Kabupaten Madiun terhadap antarkerja, penyebaran proses pelayanan informasi pasar kerja terhadap situasi dan perkembangan industri di Kabupaten Madiun saat ini dan di masa mendatang, terutama pentingnya peran serta sekolah yang di wadahi dalam Bursa Kerja Khusus (BKK) sebagai ujung tombak penyampaian pengetahuan dunia kerja kepada siswa – siswinya yang akan memasuki dunia usaha.

Lebih lanjut dia katakan, dalam kegiatan ini diharapkan juga ada pelaporan data penempatan dari masing – masing BKK di SMK yang ada di wilayah Kabupaten Madiun untuk dijadikan base data sebagai pelaporan pengurangan tingkat pengangguran di Kabupaten Madiun. Sekaligus sebagai bahan penyebaran informasi terkait penempatan tenaga kerja lokal maupun antar daerah yang sudah ditempatkan oleh BKK.

” Diharapkan dengan pelaporan secara berkala, menjadikan update data penempatan sebagai terobosan BKK untuk pengurangan tingkat pengangguran di Kabupaten Madiun, ” pungkasnya.

Sementara itu, Wakasek Humas SMKN 1 Geger, Muhammad Nasrudin Rosid mengucapkan terima kasih kepada Disnaker Kabupaten Madiun. Karena, kegiatan ini sangat penting untuk membekali siswa – siswi SMK memasuki dunia kerja.

” Anak – anak di SMK ini memang sebagian besar, nanti mereka ingin bekerja setelah lulus. Jadi, acara seperti ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka, utamanya untuk kesiapan mereka memasuki dunia kerja, ” ungkapnya.

sumber: https://www.jatimpos.co/jatim/mataraman/9063-disnaker-kabupaten-madiun-berikan-penyuluhan-bimbingan-jabatan-bagi-siswa-siswi-smk-n-1-geger#.YrLtQLvTPRE.whatsapp

error: Mohon Maaf Content dilindungi!!